Minggu, 12 Februari 2012

Perangkat Lunak Presentasi

Perangkat Lunak Presentasi
Kompetensi
Indikator
  1. Siswa dapat menyebutkan macam-macam perangkat lunak presentasi

  2. Siswa dapat memahami sejarah, versi, dan operasi program aplikasi Microsoft PowerPoint

  3. Siswa dapat menyebutkan langkah-langkah menjalankan aplikasi Microsoft PowerPoint

  4. Siswa dapat menyebutkan bagian-bagian jendela Microsoft PowerPoint



Materi

Mengenal Perangkat Lunak Presentasi
Dalam menyampaikan sebuah presentasi, biasanya kita menggunakan Overhead Projector (OHP). Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, penggunaan OHP mulai digantikan oleh komputer dan LCD Projector. Perangkat ini bertujuan memberi kemudahan kepada kita dalam menyampaikan sebuah presentasi. Untuk membuat naskah presentasi tersebut, digunakan perangkat lunak presentasi. Keuntungan dari penggunaan perangkat ini adalah memudahkan kita dalam mengedit atau merubah naskah presentasi.

Berikut ini beberapa perangkat lunak presentasi yang dapat digunakan oleh kita antara lain adalah : PowerPoint, OpenOffice Impress, StarOffice Impress, Presentation X3 dan KPresenter.

Macam-macam Perangkat Lunak Presentasi
  1. MICROSOFT POWERPOINT



  2. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

    PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
  3. OPEN OFFICE IMPRESS




  4. OpenOffice.org Impress dari Sun Microsystem adalah suatu perangkat lunak untuk membuat presentasi-presentasi multimedia efektif. Presentasi-presentasi kita akan menonjol dengan seni klip 2D dan 3D, animasi, dan perlengkapan gambar. OpenOffice.org Impress mempunyai suatu cakupan yang lengkap dari gambar perlengkapan pembuatan diagram yang mudah oleh kita. Fasilitas Animation dan Effects menghidupkan presentasi kita. Fontworks menyediakan huruf-huruf yang menarik format 2D dan 3D untuk gambar teks.
  5. PRESENTATION X3




  6. Presentation X3 dari Corel Corporation mempunyai fitur lengkap yang kita perlukan untuk menghasilkan sebuah usulan proyek, laporan-laporan dan demonstrasi-demonstrasi yang interaktif, presentasi-presentasi multimedia dan lain-lain Presentation X3 menyediakan keserasian yang dimiliki oleh dengan Microsoft PowerPoint dan memiliki kemampunan untuk meng export file presentasi ke format PDF.
  7. STAR OFFICE.ORG IMPRESS




  8. Star Office.Impress dari Sun Microsystem adalah suatu perangkat lunak untuk membuat multimedia efektif presentasi yang menonjol dengan seni klip 2D dan 3D, animasi, dan perlengkapan gambar yang lengkap. Perangkat lunak ini diluncurkan untuk menunjukkan animasi dan efek yang lebih menghidupkan sebuah presentasi, dilengkapi dengan berbagai jenis huruf 2D dan 3D, dan gambar-gambar 3D akan terasa lebih hidup. Selain itu, Star Office.Impress sebagai alternatif membuat presentasi karena perangkat lunak ini menggunakan kemampuan untuk membuat Flash.
  9. KPresenter




  10. KPresenter digunakan untuk membuat dan menyajikan presentasi. Dengan sejumlah fasilitas yang ditawarkan, KPresenter sudah dapat disejajarkan dengan Microsoft PowerPoint. Untuk sekedar informasi, developer KDE sendiri selalu menggunakan KPresenter manakala harus memberikan presentasi tentang KDE.

    Karena memang dirancang untuk menjadi PowerPoint-nya KDE, maka dapat ditemui berbagai kemiripan antara KPresenter dan PowerPoint. Ini dapat menjadi keunggulan, terutama untuk memikat para pemakai PowerPoint yang ingin beralih ke lingkungan Linux. Lagi-lagi dengan KParts, aneka ragam teks, gambar, chart, dan file multimedia, dapat ikut memperkaya materi presentasi yang digarap dengan KPresenter.

    Salah satu fitur menarik dari KPresenter adalah menghasilkan slideshow dalam format HTML. Begitu sebuah presentasi telah usai disunting, dalam sekejap dapat dihasilkan versi HTML-nya yang cocok untuk diupload ke website.
 


Program Aplikasi Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Microsoft PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer.

Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 12 (Microsoft Office PowerPoint 2007), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office System 2007.
  1. Sejarah Microsoft PowerPoint

  2. Aplikasi Microsoft PowerPoint ini pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins dan Dennis Austin sebagai Presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian mereka ubah namanya menjadi PowerPoint.

    Pada tahun 1987, PowerPoint versi 1.0 dirilis, dan komputer yang didukungnya adalah Apple Macintosh. PowerPoint pada saat tersebut masih menggunakan warna hitam/putih, yang mampu membuat halaman teks dan grafik untuk transparansi overhead projector (OHP). Setahun kemudian, versi baru dari PowerPoint muncul dengan dukungan warna, setelah Macintosh berwarna muncul ke pasaran.

    Microsoft pun mengakuisisi Forethought, Inc dan tentu saja perangkat lunak PowerPoint dengan harga kira-kira 14 Juta dolar pada tanggal 31 Juli 1987. Pada tahun 1990, versi Microsoft Windows dari PowerPoint (versi 2.0) muncul ke pasaran, mengikuti jejak Microsoft Windows 3.0. Sejak tahun 1990, PowerPoint telah menjadi bagian standar yang tidak terpisahkan dalam paket aplikasi kantoran Microsoft Office System (kecuali Basic Edition).

    Versi terbaru adalah Microsoft Office PowerPoint 2007 (PowerPoint 12), yang dirilis pada bulan November 2006, yang merupakan sebuah lompatan yang cukup jauh dari segi antarmuka pengguna dan kemampuan grafik yang ditingkatkan. Selain itu, dibandingkan dengan format data sebelumnya yang merupakan data biner dengan ekstensi *.ppt, versi ini menawarkan format data XML dengan ekstensi *.pptx.
  3. Versi Microsoft PowerPoint

  4. Tahun
    Versi PowerPoint
    Sistem Operasi
    1987 PowerPoint 1.0 Mac OS classic
    1988 PowerPoint 2.0 Mac OS classic
    1990 PowerPoint 2.0 Windows 3.0
    1992 PowerPoint 3.0 Mac OS classic
    1992 PowerPoint 3.0 Windows 3.1
    1993 PowerPoint 4.0 Windows NT 3.1,
    Windows 3.1,
    Windows 3.11
    1994 PowerPoint 4.0 Mac OS classic
    1995 PowerPoint 7 for Windows 95 Windows 95, Windows NT
    1997 PowerPoint 97 Windows 95/98, Windows NT 4.0
    1998 PowerPoint 98 Mac OS Classic
    1999 PowerPoint 2000 Microsoft Windows 98,
    Windows NT 4.0,
    Windows 2000
    2000 PowerPoint 2001 Mac OS X
    2001 PowerPoint 2002 Windows 2000/XP
    2002 PowerPoint v.X Mac OS X
    2003 PowerPoint 2003 Windows 2000 Service Pack 3,
    Windows XP Service Pack 1,
    Windows Server 2003
    2004 PowerPoint 2004 Mac OS X
    2006 PowerPoint 2007 Microsoft Windows Vista,
    Windows XP Service Pack 2,
    Windows Server 2003,
    Windows Server 2008

  5. Operasi Microsoft PowerPoint

  6. Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunak komputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).

    PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yaitu sebagai berikut:
    • *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)

    • *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)

    • *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)

    • *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12

Menjalankan Aplikasi Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint dapat dijalankan apabila sistem operasi windows telah di aktifkan dan komputer telah siap untuk menerima perintah. Berikut ini beberapa langkah yang dapat digunakan untuk mengaktifkan Microsoft PowerPoint.
  1. Melalui Start Button


    1. Klik tombol Start yang terdapat pada taksbar.

    2. Kemudian pilih menu Programs,

    3. Klik Microsoft Office

    4. Terakhir pilih dan klik program apilkasi Microsoft PowerPoint.

  2. Melalui Icon Shortcut


    1. Arahkan pointer mouse ke ikon Microsoft PowerPoint

    2. Kemudian klik dua kali ikon tersebut atau dengan cara klik kanan pilih Open

  3. Melalui Fasilitas Menu Search




  4. Langkahnya sebagai berikut:
    1. Klik tombol Start

    2. Kemudian arahkan pointer mouse ke menu Search

    3. Klik menu Search, maka akan keluar jendela Search Result

    4. Pilih dan klik “All Files and Folders”

    5. Isilah kotak file name dengan “POWERPNT”

    6. Isilah kotak phrase in the file dengan “.EXE”

    7. Pilihlah drive tempat penyimpanan sistem operasi pada komputer tersebut misalnya ” C:”

    8. Klik tombol search, tunggu sampai keluar ”POWERPNT.EXE”

    9. Terakhir klik dua kali pada “POWERPNT.EXE”

  5. Melalui Fasilitas Windows Explorer




  6. Langkahnya sebagai berikut :
    1. Klik kanan pada tombol Start, pilih Explore

    2. Arahkan ke harddisk system contohnya C:

    3. Carilah dan klik folder ”Program Files”

    4. Carilah dan klik folder ”Microsoft Office”

    5. Carilah dan klik folder ”OFFICE11”

    6. Carilah dan klik dua kali ”POWERPNT.EXE”

  7. Melalui Fasilitas RUN




  8. Langkahnya sebagai berikut :

    1. Klik tombol Start

    2. Klik menu Run

    3. Klik Browse, maka keluar jendela browse

    4. Arahkan ke harddisk system contohnya C:

    5. Carilah dan klik folder ”Program Files”

    6. Carilah dan klik folder ”Microsoft Office”

    7. Carilah dan klik folder ”OFFICE11”

    8. Carilah ”POWERPNT.EXE”, pilih ikon tersebut dan klik open

    9. Terakhir di jendela ”Run” klik OK

Dari salah satu langkah yang digunakan di atas maka akan keluar jendela aplikasi Microsoft PowerPoint sebagai berikut :



Mengenal Jendela Microsoft PowerPoint
Microsoft PowerPoint program aplikasi presentasi yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Microsoft PowerPoint dibuat dalam program aplikasi paket Microsoft Office yang dibuat oleh perusahan raksasa di bidang software komputer yaitu Microsoft Corporation. Dengan adanya progarm Microsoft PowerPoint kita dapat mendesain, merancang dan membuat naskah presentasi dengan cepat dan mudah.
Keterangan:
  1. Baris Judul atau title bar merupakan program aplikasi dari file yang aktif

  2. Icon control menu merupakan menu yang digunakan untuk mengontrol jendela yang sedang aktif.

  3. Baris Menu (Menu Bar) berisi perintah berupa menu-menu yang aktif, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya.

  4. Toolbar standard berisi perintah-perintah shotcut (singkat) yang membentuk icon-icon berupa icon New, Open, Save, Print, Cut, Copy, Paste, Undo, Redo dan seterusnya dan berfungsi untuk menjalankan perintah dengan cepat dan mudah.

  5. Toolbar Formatting< berisi fasilitas-fasilitas untuk memformat area slide lembar kerja berupa jenis huruf, tebal, miring, garis bawah, rata kiri, tengah, rata kanan, rata kiri dan kanan dan seterusnya.

  6. Drawing Bar (baris gambar) berisi fasilitas sederhana untuk menggambar, terdapat juga word art, clip art, teks box dan lain-lain.

  7. Area Catatan, digunakan untuk memberikan catatan (notes) pada slide yang sedang dipilih

  8. Area Slide, untuk menampilkan slide aktif yang sedang dirancang

  9. Area Outline, untuk menampilkan kerangka presentasi yang mencakup judul dan isi materi presentasi secara keseluruhan

  10. Office Asistant, menampilkan bentuk gambar animasi yang menarik.

  11. Task Pane, jendela yang ditampilkan di sebelah kanan dokumen yang akan membantu saat

  12. Tombol ukuran menentukan besarnya layar tampilan, apakah diperbesar penuh satu layar atau diperkecil.
    1. Minimize , digunakan untuk menutup sementara jendela atau program yang sedang kita buka, jendela ditutup dan dikirim ke taksbar menjadi sebuah icon aktif, untuk membukanya cukup dengan meng-klik icon tersebut

    2. Restore down , digunakan untuk mengembalikan ukuran jendela ke semula, setelah ukuran jendela berubah ke ukuran semula, maka tombol tersebut berubah menjadi maximize. Maximize , digunakan untuk memperbesar jendela sepenuh layar monitor, dan setelah jendela sepenuh layar apabila menekan tombol ini akan berubah menjadi tombol restore

    3. Close , digunakan untuk menutup jendela atau program secara permanen.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar